DPRD Balangan Cari Solusi Permasalahan Petani Porang

PARINGIN – DPRD Balangan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Aliansi Porang Indonesia (ASPI), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), serta perbankan untuk membahas permasalahan petani porang, Selasa (12/9/2023).

RDPU tersebut membahas permasalahan utama, yakni anjloknya harga porang di pasaran, kesulitan dalam pemasaran produk, dan beban hutang yang masih menghantui sejumlah petani porang di Kabupaten Balangan.

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Balangan Syahbudin berkomitmen untuk mencari solusi bagi para petani porang.

“RDPU ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam budidaya dan mengelola keuangan mereka, membantu mereka mengatasi hutang-hutang yang membebani,” ucap Syahbudin.

Syahbudin menyebut, kerja sama dengan perbankan juga diusulkan. Dalam kerja sama ini akan dilakukan perundingan untuk mencari solusi yang sesuai dengan situasi ekonomi petani.

RDPU ini juga membahas pengembangan produk berbasis porang yang memiliki nilai tambah. Dengan meningkatkan kualitas porang yang dihasilkan.

“Kita berusaha membantu petani porang di Balangan mengatasi tantangan yang mereka hadapi. Kita berharap langkah-langkah ini akan membawa dampak positif bagi budidaya porang dan kesejahteraan petani di Balangan,” pungkasnya.

(AD/ADV)

Pos terkait