Gubernur Kalsel : Wujudkan dan Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik Berkelanjutan

JABAT TANGAN: Gubernur Kalsel hadiri gala dinner Rakornas Komisi Informasi.(Foto: mckls)

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mewujudkan serta meningkatkan keterbukaan informasi publik secara berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas penerapan e-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, dimana melalui sistem tersebut Pemprov Kalsel berusaha meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi publik.

Bacaan Lainnya

“Kami menyadari bahwa keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel,” Kata Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada malam Gala Dinner dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi se Indonesia ke-15 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Senin (10/6/2024).

Sahbirin menilai keberadaan Komisi Informasi baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota sangatlah penting, mengingat lembaga ini memiliki fungsi untuk mengawal keterbukaan informasi.

Selain itu, transparansi juga sudah jadi kewajiban pemeritah baik ditingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota, apalagi di era digitalisasi dimana sesuatu itu sangat susah disembunyikan.

“Komisi Informasi merupakan lembaga yang bermanfaat bagi pemerintahan di berbagai tingkatan, keberadaannya diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transparansi kinerja pemerintah,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Sahbirin juga meminta kepada Ketua DPRD Kalsel untuk meningkatkan anggaran KI Kalsel, mengingat lembaga ini memiliki peran penting dalam mengawal keterbukaan informasi publik di Banua.

“Kalau bisa nanti dinaikan sampai dua kali lipat,” ujar Sahbirin.

Sahbirin pun berharap pelaksanaan Rakornas KI se Indonesia ke-15 ini bisa dioptimalkan untuk terus mengembangkan keterbukaan informasi publik di Indonesia, lebih khusus di Kalsel.

“Akan sangat disayangkan apabila kita tidak dapat mengoptimalkan momen yang sangat berharga ini untuk meningkatkan kapasitas, wawasan, serta memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan keterbukaan informasi publik di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel, yang sudah bersedia menjadi tuan rumah Rakornas ke-15 Komisi Informasi se Indonesia. la mengakui, Rakornas kali ini adalah yang paling bagus sejauh ini.

Dia pun mengapresiasi Gubernur Kalsel yang terus memberikan dukungan terhadap Komisi Informasi di Kalsel dalam melaksanakan tugasnya mengawal keterbukaan informasi publik di daerah.

“Kalau bisa dukungannya bisa ditingkatkan lagi, sehingga Pemerintah Provinsi Kalsel bisa menjadi role model bagi provinsi lain dalam memberikan dukungan terhadap KI daerah untuk mengawal keterbukan informasi publik ini,” jelasnya.

(Endy/mckls/infopublik)

Pos terkait