Libur Lebaran, Kubah Guru Sekumpul Padat Peziarah

Foto : Jemaah terus memadati makam Guru Sekumpul di Martapura

BANJAR – Meski belum dibuka secara resmi, kubah KH. Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul ramai penziarah.

Momen libur panjang usai lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk berziarah ke salah satu makam yang terletal di jalan Guntung Alaban, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kab Banjar.

Meski ziarah dilakukan diluar kubah, tidak menghalangi antusiasme warga dan kaum muslimin baik dari Kalsel maupun luar Kalsel berziarah ke makam salah satu ulama karismatik asal Martapura itu.

Usai, salah satu peziarah asal Pengaron Kab Banjar mengaku kerinduan menjadi alasan utama berziarah ke makam ulama terlebih suasana Idul Fitri seperti saat ini.

“Saya kesini memenuhi nazar yang kami niatkan selama setahun yang lalu. Say ke sini bersama rombongan menggunakan lima buah bus,” ungkapnya Kamis (5/5).

Tak hanya berziarah ke makam Abah Guru Sekumpul, Usai dan keluarga melanjutkan berziarah ke makam Syech Muhammad Arsyad Al Banjari di Dalam Pagar atau yang dikenal Datu Kelampayan.

“Ini kami lakukan juga untuk mengenang jasa-jasa para ulama Banjar,” jelasnya

Ketika ditanya mengapa ketika hari idul fitri dan libur panjang ini tidak memilih untuk berlibur ke tempat wisata pantai dan lainnya, Usai mengaku lebih memilih wisata religi berharap berkah dari para Aulia Allah.

“Saya juga tidak terlalu senang dengan wisata seperti itu, makanya saya memilih untuk ziarah saja,” jelasnya

Usai berharap, kubah Guru Sekumpul segera dibuka sehingga para peziarah biasa langsung masuk ke area makam.

“Mudah-mudahan saja kubah Guru Sekumpul segera dibuka sepenuhnya,” tutupnya.

(FER/MMO)