Mandi Jelang Bulan Ramadhan

SHOWER: Mandi sebelum puasa Ramadhan akan menambah kekhususan umat menjelang masuknya bulan Ramadhan.(Foto: NU Online)

MENJELANG hari pertama puasa Ramadhan, banyak keluarga muslim yang mempersiapkan ritual mandi, yakni niat mandi puasa Ramadhan. Tak pandang pria, wanita bahkan anak-anak pun menjalankan niat mandi puasa Ramadhan ini.

Sebenarnya, apa hukum dari mandi saat puasa Ramadhan ini? Kapan harus dilakukan? Apa niatnya? Dan bagaimana tata caranya?

Bacaan Lainnya

Saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tetapi bukan mandi wajib tetapi mandi sunnah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa.

Seperti yang dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81), “Dan sisa mandi-mandi yang disunahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya di antaranya membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah, …, dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzrai hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Jadi, tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang puasa di bulan Ramadhan karena tidak ada rukun atau syaratnya.

Tapi jika dilakukan pun tidak ada salahnya. Karena dengan melakukan mandi sebelum puasa Ramadhan akan menambah kekhususan umat menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Adapun niat mandi puasa Ramadhan sebagai berikut:

Nawaitu adaaal ghuslil masnuni li fi hadzihil lailatil min romadh lillahi taala.

Artinya: “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Taala.”

Usai membaca niat mandi puasa Ramadan, bisa melanjutkan prosesi mandi, yang mengikuti salah satu hadis

“Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudu dengan wudu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian niat mandi puasa Ramadhan, semoga amalan ini dapat menyempurnakan ibadah kita di bulan suci.

(Oktav/Baznas)

Pos terkait