Ribuan Jamaah Hadiri Haul ke-218 Datu Kalampayan

RELIGI: Haul ke-218 Datu Kalampayan.

MARTAPURA – Haul ke-218 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari bin Abdullah bin Abdur Rahman al-Banjari atau Datu Kelampayan di Masjid Jami Tuhfaturraghibin Kampung Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, dibanjiri ribuan jamaah.

Kehadiran jemaah haul tidak hanya berasal dari Kota Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, melainkan juga berasal dari berbagai daerah, bahkan dari provinsi lainnya.

Bacaan Lainnya

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin menyiapkan posko kesehatan.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Diauddin mengatakan, pihaknya memberikan dukungan dengan menyediakan tiga titik posko pelayanan kesehatan dan mini ICU.

“Satu mini ICU di kawasan kediaman Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Selain itu, pelayanan kesehatan juga disediaakan di dekat masjid tempat pelaksanaan acara haul,” katanya.

RSUD Ulin Banjarmasin juga membuka warung gratis bagi jamaah yang datang dari penjuru daerah agar mereka tidak perlu bingung untuk mencari makanan. Karena pada acara haul ini banyak sekali posko – posko yang menyediakan makanan gratis.

Meski sebelum acara dimulai, kota Martapura sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan antusiasme warga masyarakat untuk hadir serta saling membantu untuk kelancaran acara.

Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hidayat T mengungkapkan pihaknya lakukan pengamanan dengan ketat.

“Pengamanan kerjasama Polres Banjar, TNI, dinas perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, serta relawan,” katanya.

(TIM)

Pos terkait